Info Dan Tips Mendaki Gunung Dempo

Naik Gunung Dempo

Seorang pendaki sedang naik Gunung Dempo yang medannya berupa pohon dan akar.

Teks dan foto oleh: Ruli Amrullah

o Perizinan pendakian dengan cara melapor dan menyerahkan surat jalan atau daftar nama pendaki dan tim kepada petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Pak Anton di dekat pabrik PTPN VII juga di rumah ketua RT Kampung IV.

o Sumber air gunung ini terdapat pada sungai di bawah jembatan jika berada di daerah perkebunan the. Di Shelter 1 dan 2, terdapat di sebelah kanan jalur pendakian dengan menuruni sebuah tanjakan yang cukup curam, jalurnya tidak bercabang serta cukup jelas. Jika di Lembah Gunung Dempo, terdapat di tengah-tengahnya. Terlihat jelas. Bila aliran sungai ini di ikuti ke arah hilirnya, akan ditemukan aliran yang paling besar atau lebar, biasa di sebut Telaga Putri/ Pemandian Putri.

o Saat musim kemarau, sumber-sumber air di atas mengecil volumenya. Diwaktu musim pendakian, seringkali ditemukan sampah, sisa makanan dan terkadang kotoran manusia di sumber air ini, terutama di Telaga Putri/ Pemandian Putri.

Suasana kawah gunung api Dempo menjelang senja.

Suasana kawah gunung api Dempo menjelang senja.

o Periksa terlebih dahulu keadaan air sebelum menggunakannya atau lebih amannya anda mengambil langsung di bagian hulu atau tempat paling atas air ini.

o Gunung ini ramai di daki pada saat tahun baru, libur sekolah atau kuliah ( Bulan Januari, Februari, Juni dan Juli ), akhir bulan Desember (Tahun baruan), seusai hari raya Idul Fitri, Bulan Agustus (17 Agustus-an), juga biasanya di ziarahi saat menjelang malam 1 Suro.

o Bawalah peralatan dan perlengkapan standar pendakian secukupnya.

o Logistik/ makanan serta kebutuhan yang lainnya, terakhir kali dapat di beli pada Pasar Kota Pagar Alam. Warung sedikit di temui di kaki gunung ini atau di Kampung IV, kalau pun ada biasanya tidak begitu lengkap.

o Gunakanlah sepatu trekking yang baik, karena jalur menuju Puncak Dempo banyak terdapat akar-akar pohon. Sedangkan jalur dari Kampung IV ke Pintu Rimba dan jalur menuju Puncak Gunung Api Dempo adalah jalur yang didominasi batu-batu sisa letusan gunung ini.

o Anda dapat menginap pada pondok yang di bangun di belakang rumah Pak Anton, balai desa di kampung IV atau di area perkebunan teh pada tanah lapangnya asalkan tidak mengganggu aktivitas di kebun ini atau diarea yang dilarang.

o Tempat yang biasa di jadikan camping ground oleh para pendaki ialah di kebun teh di bawah Pintu Rimba, Shelter 1 (maksimal 1 tenda berkapasitas 4 orang), Shelter 2 (maksimal sekitar 3 tenda berkapasitas 4 orang) tetapi medan disini miring dan banyak terdapat akar pohon yang keluar dari tanah. Serta tentunya di lembah Gunung Dempo, di sini banyak ditemui tanah yang datar dan luas.

4 thoughts on “Info Dan Tips Mendaki Gunung Dempo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s